Manfaat Dan Kandungan Vitamin Dalam Buah Salak - LIFESTYLE

Mobile Menu

Top Ads

More News

logoblog

Manfaat Dan Kandungan Vitamin Dalam Buah Salak

Senin, 04 Maret 2024
Gambar : Manfaat Dan Kandungan Vitamin Dalam Buah Salak. Lidinews.id



Lidinews.id - Buah salak adalah buah padat punya banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti yang kita tahu buah salak cukup populer di Indonesia selain memiliki rasa manis salak juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.


Salah satu manfaat buah salak untuk kesehatan yang paling dikenal masyarakat Indonesia adalah sebagai obati diare.


Buah salak juga bermanfaat bagi ibu hamil dan perkembangan janin.


Lanjut, mari simak manfaat buah salak untuk kesehatan.


Kandungan vitamin buah salak dirangkum dari laman Health Benefit Times, dalam 100 gram buah salak mengandung: 


3,9 mg zat besi 

0,2 mg Vitamin B2 

8,4 mg Vitamin C 

12,1 g Karbohidrat 

38 mg Kalsium 

18 mg Fosfor 

0,8 g Protein

 0,4 g lemak 

0,3 g serat makanan



Manfaat kandungan vitamin buah salak sebagai berikut:


1. Vitamin A 

Vitamin A adalah nutrisi yang penting untuk organ penglihatan, pertumbuhan, pembelahan sel, sistem reproduksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


2. Vitamin B2 

Vitamin B2 atau riboflavin adalah vitamin yang larut di dalam air. Riboflavin bersama dengan semua vitamin B lainnya, punya peran penting dalam memecah nutrisi dalam makanan (termasuk protein, karbohidrat dan lemak) untuk menghasilkan energi. 


3. Vitamin C

Vitamin C, atau disebut juga asam askorbat, mempunyai beberapa fungsi penting. Seperti: membantu melindungi dan menjaga sel tetap sehat. Merawat kesehatan kulit, pembuluh darah, dan tulang rawan juga membantu penyembuhan luka.



Nah, mari kita simak lagi apa apa saja sebenarnya manfaat buah salak untuk kesehatan pada tubuh kita.



Perlu diketahui apa saja kandungan vitamin yang terdapat pada buah salak, berikut ini adalah beberapa manfaat buah salak untuk kesehatan :


1. Untuk kesehatan mata manfaat buah salak ternyata baik bagi kesehatan mata. Menurut penelitian, buah salak memiliki kandungan betakaroten yang menyehatkan mata. Kita yang biasa mengkonsumsi wortel untuk kesehatan mata, juga bisa mengkonsumsi buah salak jika merasa bosan memakan wortel terus.


2. Untuk kesehatan pencernaan manfaat buah salak untuk pencernaan telah diakui dari dulu. saat mengalami gangguan pencernaan, orang tua sering menyarankan untuk memakan buah salak. Buah salak adalah salah satu buah padat nutrisi yang mempunyai kandungan kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan betakaroten. Bukan hanya itu buah salak juga dapat mengobati gangguan pencernaan. Mengkonsumsi salak beserta kulit arinya juga dapat mencegah sembelit.


3. Mengkonsumsi buah salak juga dapat menguatkan ingatan karena kandungan gizi yang tinggi, salak juga dikatakan sebagai buah yang baik untuk otak. Buah salak membantu meningkatkan fungsi kognitif otak dan meningkatkan daya ingat karena kandungan kalium dan pektin yang tinggi dalam salak. Mengkonsumsi buah salak juga baik bagi ibu hamil untuk menunjang perkembangan otak janin di dalam kandungan. 


4. Mengontrol kadar gula darah, membuat teh dari kulit buah salak dapat membantu regenerasi sel di pankreas yang baik untuk mengontrol diabetes. Manfaat buah salak untuk kesehatan yang mengandung pterostilbene memiliki agen penurun glukosa darah yang membantu dalam mencegah diabetes. Untuk menurunkan kadar glukosa darah disarankan untuk mengkonsumsi buah salak secara rutin. 


5. Kesehatan kardiovaskular salak mempunyai kandungan potasium yang bagus untuk kesehatan jantung. Antioksidan dan mineral yang tinggi dalam salak, menjaga sistem kardiovaskular dan membantu pengaturan peredaran cairan di dalam tubuh.


6. Manfaat buah salak berikutnya adalah kandungan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan vitamin A juga berfungsi sebagai penguat stamina tubuh. Saat bosan dengan wortel, kita bisa mencoba ganti dengan buah salak.


7. Mengurangi rabun jauh atau gangguan penglihatan tidak bisa diobati hanya dengan memanfaatkan vitamin A.  Vitamin A hanya dapat meningkatkan ketajaman cahaya, baik saat terang dan gelap (rabun senja). Ternyata mengonsumsi buah salak juga bermanfaat untuk mengurangi masalah rabun jauh.


8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dalam 100 gram buah salak dapat memenuhi 14% dari kebutuhan asupan vitamin C harian.  Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu menyaring racun dari bahan kimia dan radikal bebas. Tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C dapat mencegah komplikasi flu, memperlambat penuaan kulit, membantu penyerapan nutrisi dengan lebih baik dan melindungi tubuh dari penyakit kronis. Seperti yang kita tahu kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kelelahan, gusi berdarah, depresi, dan gigi tanggal. 


9. Manfaat salak untuk ibu hamil yang harus memilih makanan yang baik untuknya dan juga bayinya, maka makanan sehat harus menjadi prioritas. Mengkonsumsi buah salak baik untuk ibu hamil muda yang sering mengalami morning sickness. Namun jangan terlalu banyak mengkonsumsi salak, karena makanan kaya protein seimbang seperti kacang-kacangan juga harus sering dikonsumsi.


11. Merawat kesehatan kulit, buah salak dapat menjaga kesehatan kulit karena salak mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas yang dapat merusak kulit. Manfaat memakan buah salak dengan rutin dapat membuat kulit menjadi cerah. Dengan kandungan vitamin C yang baik untuk merawat keremajaan kulit dan membantu proses regenerasi kulit.


12. Kandungan tanin dalam buah salak bersifat  anti-diare, jadi buah salak dapat membantu menyembuhkan diare. Sehingga memakan buah salak 20 gram dapat menghentikan diare, membantu meredakan sakit perut, perut kembung, dan meredakan iritasi usus besar. Di Indonesia masyarakat saat ini masih menggunakan kulit pohon salak untuk mengatasi diare.


Itulah beberapa manfaat dari buah salak untuk kesehatan pada tubuh kita






Editor : Egaria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar